Hubungi kami +62218763609

Mengenal Rasulullah Lebih Dekat

Rp80.000
Penulis Imam at-Tirmidzi
Penerjemah Muhamad Khoyrurrijal, Dede Firmansyah
Kategori Sirah
Halaman 242
Kertas Bookpaper
Jenis Cover Hard cover
ISBN 978-602-5426-00-1
Berat 200 gram
Dimensi 14,8 x 21 cm

“Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah.” (QS: Al-Ahzâb [33]: 21).

Syekh al-Qari dalam kitab Jam’ul-Wasail mengatakan, “Salah satu karya terbaik mengenai kepribadian dan akhlak Rasulullah saw. adalah karya Imam Tirmidzi. Karya ini singkat namun lengkap, sehingga setiap orang yang membacanya seakan-akan menyaksikan langsung keindahan dan keagungan pribadi Rasulullah yang mulia.”

“Asy-Syamail Muhammadiyah” adalah buku yang membahas tentang keperibadian dan akhlak Rasulullah. Di dalamnya tersaji sosok Rasulullah secara utuh. Mulai dari bentuk karakterisitik fisik, tubuh, hidung, rambut, pakaian, sandal, dan pedang. Serta cara beliau berjalan, makan, minum dan lain sebagainya. Buku ini didukung oleh hadits-hadits yang shahih, diriwayatkan oleh perawi yang masyhur, seperti Anas ibn Malik dan lain-lain. Di samping itu, buku ini juga dilengkapi dengan beberapa gambar otentik yang berisi peninggalan Rasulullah Saw. yang masih ada sampai sekarang. Gambar-gambar tersebut bersumber dari museum-museum dan buku-buku sejarah peradaban Islam. Apabila kita mencintai Allah, maka ikutilah sunnah-sunnah rasul-Nya. Umat Muslim akan menyayangi dan mencintai Rasulullah Saw., kalau mereka mengenal beliau dengan baik.

Tentang Penulis: Imam at-Tirmidzi

Lahir dengan nama Muhammad, mempunyai nama kunyah Abu ‘Isa dan nisbat kepada Tirmidz serta as-Sulami. Secara lengkap nasab dan nisbat beliau adalah Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah bin Musa bin Dhahhak as-Sulami. As-Sulami nisbat kepada kabilah Bani Sulaim, sebuah Kabilah dari Ghayalan. 

Sedang at-Tirmidzi  nisbat kepada daerah tempat kelahiran dan wafatnya. Kota di sebelah selatan Uzbekistan memanjang sampai kota Herat. Beliau lahir di Tirmidz pada tahun 209 H. Dalam usia kurang dari sepuluh tahun Imam Tirmidzi bertemu dan meriwayatkan hadits dari Abu Ja’far Muhammad bin Ja’far as-Simnani (wafat sebelum 220 H).

Pertemuan dengan Imam Bukhari memberikan pengaruh yang sangat besar dalam diri Tirmidzi. Setelah pertemuan itu keluar karya besar berupa al-Jami’ as-Sunan, al- ‘Ilal al-Kabir dan Syamail Muhammadiyah.